Rechercher dans ce blog

Saturday, April 4, 2020

10 Kabar Baik di Tengah Pandemi COVID-19, dari THR sampai Warteg Gratis - Suara.com

Suara.com - Kabar baik di tengah pandemi virus corona atau COVID-19 harus tetap Anda tahu. Harapan akan hari esok yang lebih baik bisa menjadi semangat untuk terus bertahan di rumah aja, rajin mencuci tangan, work from home, physical distancing, dan berusaha menjaga kebugaran tubuh.

Suara.com merangkum sepuluh kabar baik di tengah pandemi COVID-19!

BACA JUGA: Masyarakat Tak Perlu Khawatir dengan Mantan Pasien Covid-19

Berikut sepuluh kabar baik di tengah pandemi COVID-19!

1. Pemprov DKI Gelontorkan Dana Rp 130 Miliar untuk Lawan Virus Corona

Ilustrasi Anies Baswedan. (Suara.com/Iqbal Asaputro)
Ilustrasi Anies Baswedan. (Suara.com/Iqbal Asaputro)

Jumlah kasus suspect atau positif corona di Jakarta terus bertambah secara signifikan. Untuk menangani wabah ini, Pemprov DKI Jakarta akan menggelontorkan uang sebesar Rp 130 miliar.

Anggaran ini tertulis dalam Instruksi Sekretaris Daerah (Insekda) nomor 24 tahun 2020 tentang Input Perubahaan Anggaran Mendahului Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 pada 17 Maret 2020 lalu.

Keputusannya adalah Pemprov DKI mengizinkan pengurangan pada dana Biaya Tak Terduga sebesar Rp 130.052.233.632 untuk mengatasi wabah corona di ibu kota. Dana tersebut dialihkan untuk berbagai keperluan dalam penanganan covid-19.

Baca selengkapnya

2. Korban PHK Bakal Dapat Rp 1 Juta Selama 3 Bulan

(Shutterstock)
(Shutterstock)

Pemerintah memastikan akan memberikan insentif bagi sejumlah pekerja di Indonesia yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) imbas merebaknya virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

Insentif tersebut akan disalurkan melalui BPJS Ketenagakerjaan dengan nilai insentif mencapai Rp 1 juta selama 3 bulan.

"Kita juga akan memberikan insentif untuk mereka yang terkena PHK dari sisi BPJS Ketenagakerjaan memberikan santunan plus pelatihan sehingga mereka bisa mendapatkan paling tidak pelatihan dan santunan selama tiga bulan sebanyak Rp 1 juta per kepala," kata Sri Mulyani saat video teleconference di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Baca selengkapnya

3. Tes Cepat COVID-19 dengan Sistem Drive Thru di Depok

Petugas Dinas Kesehatan Kota Depok melakukan pengecekan kepada pengguna kendaraan saat tes cepat (rapid test) COVID-19 dengan sistem "drive thru" di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Minggu (29/3). [ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja]
Petugas Dinas Kesehatan Kota Depok melakukan pengecekan kepada pengguna kendaraan saat tes cepat (rapid test) COVID-19 dengan sistem "drive thru" di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Minggu (29/3). [ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja]

Petugas Dinas Kesehatan Kota Depok melakukan pengecekan kepada pengguna kendaraan saat tes cepat (rapid test) COVID-19 dengan sistem "drive thru" di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Minggu (29/3). Tes dengan sistem tersebut dilakukan guna mempercepat proses pemeriksaan dan mempersempit penyebaran penularan COVID-19 di wilayah Depok dan sekitarnya.

Baca selengkapnya

4. Hotel Disulap Jadi Rumah Sementara bagi Petugas Medis Jakarta

ilustrasi dokter dan perawat [shutterstock]
ilustrasi dokter dan perawat [shutterstock]

Kamis (26/3/2020), sejumlah petugas medis di Jakarta resmi dipindahkan ke Hotel Grand Cempaka Business milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jakarta, PT Jakarta Tourisindo.

Hotel tersebut disulap menjadi tempat peristirahatan sementara bagi 138 petugas medis dari RSUD Tarakan dan RSUD Pasar Minggu yang menangani pasien Covid-19.

Selain untuk ,meminimalisasi penyebaran COVID-19, hal ini dilakukan sebagai bentuk perlindungan terhadap petugas medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan wabah Covid-19.

Baca selengkapnya

5. Menaker Pastikan THR pada Pekerja Tetap Wajib Dibayarkan

Ilustrasi uang. (Shutterstock)
Ilustrasi uang. (Shutterstock)

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah memastikan, Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan tetap dibayarkan kepada pekerja/buruh sesuai ketentuan peraturan perundang-udangan, meskipun saat ini terjadi pandemi Covid-19.

"THR merupakan bagian dari pendapatan non upah. THR wajib diberikan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh, tujuh hari sebelum hari raya keagamaan," katanya, saat Rapat Kerja (Raker) teleconferene dengan Komisi IX DPR di Kantor Kemnaker, Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Raker dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR, Nihayatul Wafirah.

Ketentuan THR diatur dalam Peraturan Pemerintah RI (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan; Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan; dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 20 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pemberian Sanksi Administratif Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Ida mengingatkan, pengusaha yang terlambat membayar THR dikenai denda sebesar 5 persen dari total THR keagamaan yang harus dibayar, sejak berakhirnya batas waktu kewajiban Pengusaha untuk membayar.

Baca selengkapnya

6. Aplikasi EndCorona Buatan UI untuk Kenali Risiko Paparan Covid-19

Aplikasi EndCorona buatan Universitas Indonesia. (Dok. Suara.com/Tangkapan Layar)
Aplikasi EndCorona buatan Universitas Indonesia. (Dok. Suara.com/Tangkapan Layar)

Kabar baik datang dari Universitas Indonesia (UI). Dalam rangka membantu skrining dan deteksi dini di tengah pandemi virus corona di Indonesia, mahasiswa UI menginisiasi sebuah aplikasi atau plaform penyedia asesmen risiko terkena Covid-19 yang dilengkapi dengan berbagai fitur.

Baca selengkapnya

7. 100 Warteg Gratis di Jabodetabek dari ACT

Warteg gratis di Jabodetabek disediakan ACT bekerjasama dengan KOWANTARA. (Dok)
Warteg gratis di Jabodetabek disediakan ACT bekerjasama dengan KOWANTARA. (Dok)

Daftar lengkap 100 warteg gratis di Jabodetabek disediakan ACT guna membantu masyarakat menghadapi pandemi virus corona.

Organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) bekerjasama dengan KOWANTARA (Komunitas Warteg Nusantara) di sekitar kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) untuk memberikan layanan makan gratis di tengah pandemi virus corona (Covid-19) yang menyulitkan sejumlah pekerja kecil dan harian.

Program yang mengusung panji-panji 'Operasi Makan Gratis Bersama 1.000 Warteg' ini diluncurkan ACT pada Selasa, 24 Maret 2020 di salah satu posko mereka di kawasan Tangerang Selatan. Saat ini, telah ada 100 titik warung tegal di sekitar Jabodetabek yang telah bekerjasama dari target 1000 titik warteg.

Mukroni Ketua KOWANTARA pun dalam rilis yang diterima Suara.com mengungkapkan daftar 100 titik warteg gratis di Jabodetabek.

Baca selengkapnya

8. 24 Pasien Positif Corona di RSPI Dinyatakan Sembuh

Penampakan plang penunjuk arah ruang isolasi di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara. (Suara.com/Arga).
Penampakan plang penunjuk arah ruang isolasi di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara. (Suara.com/Arga).

Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof Dr Sulianti Saroso, Jakarta, melaporkan jumlah pasien positif terinfeksi virus corona atau COVID-19 yang dinyatakan sembuh hingga Kamis (2/4/2020), berjumlah 24 orang.

Berdasarkan keterangan tertulis RSPI Sulianto Saroso menyebutkan bahwa pasien dalam pengawasan (PDP) yang dinyatakan sembuh hingga saat ini berjumlah 38 orang.

Berdasarkan data yang dirilis RSPI Sulianti Saroso sehari sebelumnya, disebutkan pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh hingga Rabu (1/4) berjumlah 19 orang, dan PDP yang sembuh berjumlah 37 orang.

Dengan demikian, dalam kurun waktu 24 jam, terdapat lima pasien positif COVID-19 dan satu pasien berstatus PDP yang dinyatakan sembuh.

Baca selengkapnya

9. Kasus corona di Korea Selatan Menurun Drastis

Virus Corona Covid-19 masih menjadi momok di China, dengan jumlah korban terus mengalami peningkatan. (Shutterstock)
Virus Corona Covid-19 masih menjadi momok di China, dengan jumlah korban terus mengalami peningkatan. (Shutterstock)

Di bulan Februari 2020, Korea Selatan menjadi salah satu negara dengan kasus virus corona baru atau Covid-19 terbanyak. Pada akhir Februari dan awal Maret, jumlah infeksi virus corona baru di negara itu meledak, dari yang semula hanya beberapa lusin menjadi ribuan.

Namun selanjutnya, seperti dikutip dari cuitan Scott Gottlieb, mantan komisioner Food and Drug Administration, "Korea Selatan menunjukkan Covid-19 dapat dikalahkan dengan kesehatan masyarakat yang cerdas dan agresif."

Sebab dalam hitungan minggu setelah jumlah infeksi meledak, kasus corona Covid-19 di sana menurun tajam. Diketahui pada puncaknya, para pekerja medis mengidentifikasi 909 kasus baru dalam satu hari di 29 Februari.

Namun kini, saat Italia masih mencatat beberapa ratus kematian setiap hari, Korea Selatan tidak memiliki lebih dari delapan dalam sehari.

Korea Selatan dipuji atas respons cepat menangani dan melakukan tes corona. Dilaporkan Korea Selatan melakukan 15.000 tes setiap hari, total sudah 338.000 tes yang dilakukan sampai 23 Maret.

Baca selengkapnya

10. Perusahaan Rokok Raksasa Klaim Temukan Vaksin Covid-19 dari Tembakau

Ilustrasi Vaksin [Shutterstock]
Ilustrasi Vaksin [Shutterstock]

Perusahaan tembakau raksasa British American Tobacco (BAT) mengklaim pihaknya sedang mengembangkan vaksin virus corona menggunakan tanaman tembakau.

BAT yang juga memproduksi Benson dan Hedges mengatakan pihaknya dapat memproduksi 3 juta dosis vaksin seminggu mulai bulan Juni untuk memerangi covid-19 yang akan dibagikan secara nirlaba.

Menyadur dari The Guardian, perusahaan mengatakan, "Jika pengujian berjalan dengan baik, BAT berharap, dengan partner yang tepat dan dukungan dari pemerintah, mereka bisa memproduksi sekitar 1m dan 3m dosis vaksin per minggunya, mulai Juni depan".

Perusahaan yang berbasis di London ini membeberkan pihaknya sedang menjalankan tes pra-klinis dan segera akan memulai uji klinis pada manusia.

BAT mengatakan, anak perusahaan bioteknologi di Amerika, Kentucky Bioprocessing (KBP) tengah mengembangkan pengujian pra-klinis ini.

KBP sebelumnya telah berkontribusi dalam pembuatan vaksin penyakit Ebola.

Mereka mengklaim telah menemukan antibodi yang dapat mengatasi covid-19 menggunakan tanaman tembakau yang dimodifikasi secara genetik.

Baca selengkapnya

Itulah sepuluh kabar baik di tengah pandemi COVID-19!

Let's block ads! (Why?)



"tengah" - Google Berita
April 04, 2020 at 07:51PM
https://ift.tt/2UGqXw7

10 Kabar Baik di Tengah Pandemi COVID-19, dari THR sampai Warteg Gratis - Suara.com
"tengah" - Google Berita
https://ift.tt/2STVLJo
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Tornado Watch for parts of Middle Georgia - wgxa.tv

[unable to retrieve full-text content] Tornado Watch for parts of Middle Georgia    wgxa.tv "middle" - Google News December 30...

Postingan Populer