Rechercher dans ce blog

Wednesday, February 12, 2020

Mengenal Kerajaan Holing di Tengah Fenomena Munculnya Kerajaan Bodong | merdeka.com - merdeka.com

Mengenal Kerajaan Holing di Tengah Fenomena Munculnya Kerajaan Bodong Ratu Maharani Shima. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Masyarakat tentu mengenal istilah populer “Jas Merah” yang dikenalkan oleh Bung Karno. Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Bahkan di era milenial seperti sekarang, sejarah tetap dianggap sebagai sesuatu yang bisa menghadirkan legitimasi atau pengakuan.

Fenomena munculnya kerajaan halu alias kerajaan bodong tak bisa dilepaskan dari sejarah. Kerajaan-kerajaan bodong itu memanfaatkan sejarah untuk kepentingan pribadi atau kelompoknya. Dua pimpinan kerajaan bodong Keraton Agung Sejagat (KAS) dan Sunda Empire mengarang atau membelokkan fakta sejarah untuk mendapat pengakuan dari publik atau minimal dari para pengikutnya.

Supaya tidak terjebak dengan narasi bohong, masyarakat perlu mengetahui informasi mengenai sejarah yang sebenarnya. Di tengah kehebohan publik sebab kehadiran kerajaan-kerajaan bohong, kita perlu mengenal sejarah kerajaan di Indonesia. Salah satu kerajaan yang menarik untuk diketahui sejarahnya ialah Kerajaan Holing.

1 dari 2 halaman

Masa Keemasan Kerajaan Holing

Nama Kerajaan Holing barangkali terdengar asing bagi telinga masyarakat. Beberapa mungkin mengenal Kerajaan Kalingga, tapi tidak dengan Kerajaan Holing. Padahal Kalingga itu merupakan nama lain dari Kerajaan Holing.

2020 Merdeka.com/Jejakpiknik.com

Kerajaan Holing merupakan kerajaan bercorak Hindu yang terletak di Pesisir Utara Pulau Jawa. Tepatnya di daerah Jepara dan Pekalongan Jawa Tengah. Diperkirakan kerajaan ini menduduki masa kejayaan sekitar abad ketujuh hingga sembilan masehi.

Masa keemasan Kerajaan Holing berada di bawah pimpinan Ratu Maharani Shima, sekitar tahun 647 masehi. Ratu Shima dikenal sebagai pemimpin yang berwibawa dan tegas. Ia bahkan tak segan menghukum anaknya karena melanggar aturan kerajaan yang sudah ditetapkan.

2020 Merdeka.com/Kecapi.desa.id

Pada masa pemerintahan Ratu Shima, pertanian dan perdagangan berkembang pesat. Komoditas yang diperdagangkan antara lain emas, perak, kulit penyu, gading gajah, dan lain-lain. Sebagian penduduk juga mahir memproduksi minuman keras.

Selain pertanian dan perdagangan yang berkembang pesat, Kerajaan Holing juga disebut-sebut sebagai pusat kebudayaan Hindu. Hal ini dibuktikan dengan tiga candi peninggalannya, Candi Angin, Candi Bubrah, dan Candi Sanga Likur. Selain candi, ditemukan juga dua buah prasasti yaitu Prasasti Tukmas dan Prasasti Sojomerto.

2 dari 2 halaman

Berakhirnya Masa Keemasan Kerajaan Holing

Lini perdagangan yang dikuasai Kerajaan Holing mulai goyah. Ambisi Kerajaan Sriwijaya menguasai perdagangan di seluruh pesisir utara Jawa menimbulkan persaingan sengit. Konon, Kerajaan Holing merupakan salah satu kerajaan yang ingin ditaklukan oleh Kerajaan Sriwijaya. Ambisi itu pun berhasil. Sekitar tahun 725 masehi Kerajaan Holing runtuh karena kalah dalam perang dagang.

2020 Merdeka.com/Bungdus.com

Kerajaan Holing di bawah kepemimpinan Ratu Maharani Shima dikenang sebagai kerajaan yang masyhur dan beradab. Seorang pemimpin perempuan yang tangkas dan penuh kepedulian terhadap rakyatnya. Pada masa kepemimpinannya, sistem pertanian berkembang baik karena ratu mengembangkan sistem irigasi. Perekonomian rakyat otomatis terjamin.

2020 Merdeka.com/Tadlebrookly.com

Sementara itu, munculnya kerajaan-kerajaan bodong di Indonesia pada tahun 2020 ini, alih-alih menjamin ekonomi masyarakat, yang terjadi justru sebaliknya. Para pengikut kerajaan bodong mengalami kerugian material karena keharusan membayar berbagai jenis iuran.

[rka]

Let's block ads! (Why?)



"tengah" - Google Berita
February 13, 2020 at 07:17AM
https://ift.tt/2Sk39gt

Mengenal Kerajaan Holing di Tengah Fenomena Munculnya Kerajaan Bodong | merdeka.com - merdeka.com
"tengah" - Google Berita
https://ift.tt/2STVLJo
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Tornado Watch for parts of Middle Georgia - wgxa.tv

[unable to retrieve full-text content] Tornado Watch for parts of Middle Georgia    wgxa.tv "middle" - Google News December 30...

Postingan Populer