Rechercher dans ce blog

Wednesday, February 26, 2020

Harga CPO Naik Tipis di Tengah Wabah Corona, Sudah Murahkah? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga komoditas minyak sawit mentah (CPO) memang terus tergerus sejak awal tahun. Namun pada perdagangan pagi ini harga CPO ditransaksikan naik.

Pada Kamis (27/2/2020) harga CPO kontrak pengiriman Mei 2020 mengalami kenaikan sebesar 5 ringgit atau naik 0,21% dibanding harga penutupan perdagangan kemarin.

Pada pukul 10.50 WIB harga CPO kontrak di Bursa Malaysia Derivatif berada di level RM 2.424/ton. Sejak awal tahun, harga CPO kontrak terus mengalami koreksi sebesar 22,1%.


Kenaikan harga CPO mengindikasikan bahwa harga sudah tergolong murah dan saatnya untuk membeli. Namun tren beberapa hari terakhir menunjukkan harga CPO menguat di perdagangan pagi dan ditutup melemah.

Kondisi politik Malaysia yang sedang tak kondusif pasca mundurnya Perdana Menteri Mahathir Mohamad menjadi salah satu sentimen negatif untuk pasar keuangan maupun komoditas Negeri Jiran.

Bagaimanapun juga harga CPO masih dibayangi oleh sentimen merebaknya wabah corona di China dan berbagai negara lain. Wabah ini menimbulkan kekhawatiran permintaan minyak sawit akan melambat atau bahkan menurun mengingat China merupakan negara pembeli terbesar kedua minyak sawit setelah India.

Awal pekan ini, dunia kembali dihebohkan dengan terjadinya lonjakan jumlah kasus baru infeksi virus corona yang terjadi di luar China. Lonjakan kasus baru terjadi di Korea Selatan, Italia dan Iran.

Sampai dengan hari ini, Korea Selatan melaporkan sudah ada 1.595 kasus infeksi virus corona di negaranya. Sementara di Italia dan Iran masing-masing sudah sudah ada 453 kasus dan 139 kasus infeksi.

Jumlah korban meninggal di Korea Selatan bertambah menjadi 12 orang, di Italia jug ada 12 orang dikabarkan meninggal dunia akibat infeksi virus ini. Di Iran, jumlah korban meninggal mencapai 19 orang.

Selain lonjakan kasus baru terjadi di tiga negara tersebut. Jumlah negara yang mengkonfirmasi adanya infeksi virus corona juga bertambah. Jika pada awal pekan ini ada 39 negara yang sudah terjangkit virus corona, hari ini jumlahnya bertambah menjadi 45 negara.

Reuters melaporkan Dewan Minyak Sawit Malaysia memperkirakan produksi pada 2020 mencapai 20,2 juta ton. Sementara ekspor minyak sawit diperkirakan sebanyak 17,4 juta ton pada 2020 yang dipengaruhi oleh penurunan impor India dan China.

Dari sisi pasokan, minyak sawit Malaysia diramal menyentuh angka 2,3 juta ton pada 2020. Sementara dari sisi harga CPO kontrak berjangkanya diperkirakan akan menyentuh rata-rata RM 2.704/ton pada semester pertama tahun ini.

TIM RISET CNBC INDONESIA (twg/twg)

Let's block ads! (Why?)



"tengah" - Google Berita
February 27, 2020 at 11:18AM
https://ift.tt/2VqXK9x

Harga CPO Naik Tipis di Tengah Wabah Corona, Sudah Murahkah? - CNBC Indonesia
"tengah" - Google Berita
https://ift.tt/2STVLJo
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Tornado Watch for parts of Middle Georgia - wgxa.tv

[unable to retrieve full-text content] Tornado Watch for parts of Middle Georgia    wgxa.tv "middle" - Google News December 30...

Postingan Populer