Rechercher dans ce blog

Wednesday, April 22, 2020

Ragam Seruan Ramadhan di Rumah di Tengah Wabah - detikNews

Jakarta -

Beragam seruan kepada umat Islam agar menunaikan ibadah Ramadhan di rumah digaungkan sejumlah pihak. Ini dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

Seruan itu datang dari pemerintah pusat, pemerintah daerah hingga ormas Islam. Salah satunya disampaikan oleh Ketum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir.

Haedar meminta umat Islam untuk bersikap bijak mengenai pelaksanaan salat Tarawih di tengah pandemi Corona. Haedar menyebut situasi saat ini sedang darurat.


"Sehubungan dengan masih adanya sebagian umat yang ingin shalat berjamaah di masjid, termasuk saat Ramadhan tiba. Semestinya umat Islam berpikir dan bertindak dengan mempertimbangkan kepentingan yang lebih luas lebih-lebih di kala darurat. Jangan semuanya disikapi seolah normal, karena kondisi saat ini darurat," ujar Haedar dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/4).

Haedar juga meminta masyarakat untuk tidak menyepelekan COVID-19. Sebab, kata dia, Amerika Serikat (AS) yang termasuk negara maju saja jumlah warganya yang meninggal dunia akibat Corona relatif tinggi.

"Apa tidak melihat kenyataan betapa dahsyatnya wabah Corona ini, AS sj terbesar korban meninggal. Jangan menyepelekan wabah ini. Kalau Indonesia tidak sebesar AS dan negara lain jumlahnya, justru kita harus tetap waspada dan melakukan pencegahan," ucapnya.

Haedar menegaskan, menghindari kerumunan dengan tidak beribadah di masjid merupakan bentuk ikhtiar agar selamat dari penularan COVID-19. Sebab, dari sisi agama pun diperbolehkan untuk tidak beribadah di masjid apabila ada wabah.

"Ini bukan soal takut atau berani hadapi wabah, tetapi soal ikhtiar yang dari segi agama maupun ilmu dibenarkan untuk usaha mencegah datangnya wabah agar tidak semakin luas," katanya.

Haedar juga menyayangkan masyarakat yang tetap ngotot berencana akan melaksanakan salat tarawih berjemaah di masjid. Padahal, saat ini pandemi COVID-19 semakin meluas.

"Kenapa begitu ngotot tarawih berjemaah harus di masjid dalam suasana saat wabah meluas? Lebih-lebih dalam darurat, mestinya umat Islam mau mengikuti mayoritas pandangan bahwa selama masa pandemi corona ibadah dilakukan di rumah dengan khusyuk dan berjemaah dengan anggota keluarga," ucapnya.

Let's block ads! (Why?)



"tengah" - Google Berita
April 23, 2020 at 07:00AM
https://ift.tt/2zlnDyl

Ragam Seruan Ramadhan di Rumah di Tengah Wabah - detikNews
"tengah" - Google Berita
https://ift.tt/2STVLJo
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Tornado Watch for parts of Middle Georgia - wgxa.tv

[unable to retrieve full-text content] Tornado Watch for parts of Middle Georgia    wgxa.tv "middle" - Google News December 30...

Postingan Populer