Rechercher dans ce blog

Tuesday, April 21, 2020

Cerita Muadzin Muda Lanjutkan Tradisi 5 Abad di Tengah Pandemi Corona - Suara.com

Suara.com - Setiap datang waktu salat, suara merdu seorang muadzin terdengar dari Masjid Al-Aqsa, memecah keheningan langit Yerusalem, kota suci bersejarah bagi tiga agama samawi. Suara panggilan mengingat Tuhan tersebut datang dari seorang pemuda bernama Firas Al-Qazzaz.

Di tengah lockdown akibat pandemi virus corona COVID-19, Firas tak pernah ragu untuk memanggil umat mengingat Allah. Selain sebagai sebuah kewajiban, menjadi muadzin Masjid Al-Aqsa adalah tradisi keluarganya yang sudah berlangsung selama 500 tahun.

Firas al-Qazzaz adalah anggota keluarga termuda yang memimpin shalat di Masjid Al-Aqsa. Sejak 500 tahun lalu, keluarganya turun-temurun merawat situs suci dalam Islam tersebut.

Firas Al-Qazzaz, Muadzin Masjid Al-Aqsa, Yerusalem. [AFP]
Firas Al-Qazzaz, Muadzin Masjid Al-Aqsa, Yerusalem. [AFP]

"Merupakan suatu kehormatan dari Tuhan bahwa keluarga ini telah diberkati dengan suara-suara indah untuk dapat melakukan sholat di masjid Al-Aqsa," kata Firas dilansir Qantara, Selasa (21/4/2020).

Di tengah lockdown akibat pandemi Covid-19, suara merdu Firas makin terdengar saat mengumandangkan azan, tanda waktu shalat telah tiba.

Tanpa adanya suara-suara bising dari klakson kendaraan, maupun keramaian di sekitar masjid, suara azan yang dilantunkan Firas menggema dan memecah kesunyian di tengah kota.

Di masa-masa yang lebih baik--sebelum pandemi Covid-19--Firas mengaku kerap menyusuri jalan dan menyapa setiap orang yang ditemui dijalan, baik ketika berangkat maupun pulang dari Masjid Al-Aqsa.

Masjid Al-Aqsa Yerusalem. [AFP]
Masjid Al-Aqsa Yerusalem. [AFP]

Firas al-Qazzaz menjelaskan bahwa tak mudah mengemban tugas sebagai muadzin di salah satu situs bersejarah bagi umat islam.

Dia bahkan harus menimba ilmu terlebih dulu di sebuah lembaga swasta di Yerusalem, dan satu tahun di Kairo sebelum akhirnya bisa melanjutkan tongkat estafet keluarganya sebagai penjaga Masjid Al-Aqsa.

"Saya takut ada orang yang mau mendengarkan saya, karena Al-Aqsa adalah tempat yang bergengsi." beber Firas.

"Tidak mudah untuk berhenti dan membaca dan memanggil doa. Tetapi saya tetap mengumandangkan doa."

"Merupakan suatu kehormatan dari Tuhan bahwa keluarga ini telah diberkati dengan suara-suara indah untuk dapat melakukan sholat di masjid Al-Aqsa," tandasnya.

Let's block ads! (Why?)



"tengah" - Google Berita
April 21, 2020 at 06:12PM
https://ift.tt/3cBI7kY

Cerita Muadzin Muda Lanjutkan Tradisi 5 Abad di Tengah Pandemi Corona - Suara.com
"tengah" - Google Berita
https://ift.tt/2STVLJo
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Tornado Watch for parts of Middle Georgia - wgxa.tv

[unable to retrieve full-text content] Tornado Watch for parts of Middle Georgia    wgxa.tv "middle" - Google News December 30...

Postingan Populer