Rechercher dans ce blog

Friday, April 3, 2020

Bahaya Demam Berdarah Intai Indonesia di Tengah Pandemi Corona - detikNews

Jakarta -

Di tengah pandemi virus Corona (COVID-19), Indonesia masih dalam intaian penyakit demam berdarah dengue (DBD). DBD masih punya peluang mengancam Indonesia karena kini memasuki masa musim pancaroba.

Peringatan itu disampaikan oleh pemerintah ketika tengah mengumumkan data terkait Corona. Diharapkan sikap waspada terhadap demam berdarah tak menimbulkan korban. Pasalnya, data kerap menunjukkan kasus DBD pada musim pancaroba selalu muncul.

"Pada musim pancaroba di bulan-bulan April-Mei, secara statistik data kita masih sering menunjukkan peningkatan kasus demam berdarah," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers yang disiarkan di akun YouTube BNPB, Jumat (3/4/2020).


Yuri, sapaan akrabnya, berharap masyarakat dapat mencegah demam berdarah dengan memberantas sarang nyamuk. Dia mengatakan masyarakat punya cukup waktu untuk menjaga kebersihan rumah di masa physical distancing karena pandemi Corona.

Harapannya, tidak jatuh korban demam berdarah. Sebab, saat ini Indonesia tengah berjuang menangani pandemi COVID-19.

"Oleh karena itu, jangan sampai ini memperburuk kondisi pandemi COVID. Lakukan pembersihan sarang nyamuk di rumah. Waktu kita cukup banyak berada di rumah," ujar Yuri.


Sebelumnya, Anggota DPR Komisi VI Marwan Jafar pun telah mengingatkan agar pemerintah juga fokus mengantisipasi ancaman DBD. Karena, menurutnya iklim tropis Indonesia membuat DBD rentan mewabah.

"Karena wilayah kita kategori tropis, maka penyakit ini (DBD) rentan mewabah di masyarakat hampir tiap tahun. Bahkan di beberapa daerah sudah menyatakan darurat," kata Marwan kepada wartawan, Selasa (24/3/2020).

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga meminta masyarakat agar kembali melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk. Ma'ruf menyebut, gerakan tersebut dilakukan dengan gerakan 3M yaitu, menutup, menguras dan mengubur.

"Antara lain dengan gerakan 3 M, menguras tempat tempat air, menutup tempat penampungan air, kemudian mengubur barang bekas. Termasuk juga kemungkinan adanya sarang-sarang nyamuk dimana-mana, kemudian juga membangun hidup bersih," ujar Ma'ruf di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (13/3).

Let's block ads! (Why?)



"tengah" - Google Berita
April 03, 2020 at 09:52PM
https://ift.tt/2waxm9w

Bahaya Demam Berdarah Intai Indonesia di Tengah Pandemi Corona - detikNews
"tengah" - Google Berita
https://ift.tt/2STVLJo
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Tornado Watch for parts of Middle Georgia - wgxa.tv

[unable to retrieve full-text content] Tornado Watch for parts of Middle Georgia    wgxa.tv "middle" - Google News December 30...

Postingan Populer