Rechercher dans ce blog

Thursday, February 20, 2020

Yang Perlu Dilakukan orang Tua di Tengah Wabah Corona Gaya Hidup • 21 February 2020 05:43 - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Kondisi darurat kesehatan akibat wabah virus corona jenis baru atau Covid-19 tak ayal memunculkan kepanikan. Sebagian besar masyarakat bertanya-tanya soal penyebaran juga penularan virus yang mulanya ditemukan di WuhanChina tersebut. Ketidaktahuan bisa membuka kemungkinan penanganan yang tidak tepat dan cenderung tak jernih.

Banyak orang mulai panik dengan beberapa kasus yang mencuat. Alhasil pelbagai inisiatif penanganan mandiri pun muncul, tak jarang pula ada yang termakan informasi salah atau bahkan mengarah ke diskriminasi ras.

Reaksi semacam itu takkan membantu siapapun, apalagi mengubah kondisi menjadi lebih baik. Terutama bagi anak-anak. Oleh karena itu, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan orang tua untuk membantu anak-anak memahami soal virus corona tanpa membuat mereka takut.


1. Jaga kesehatan
Yang pasti, hal pertama adalah menjaga kesehatan. Anda yang paling tahu kebutuhan anak, misalnya dengan memastikan istirahat mereka cukup, memprioritaskan perilaku hidup bersih dan sehat, serta mengikuti anjuran langkah-langkah dari Pusat pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

Pastikan anak-anak mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, cukup tidur, dan hal-hal dasar dalam menjaga imunitas tubuh. Jika Anda mulai stress, temukan cara untuk mengelola perasaan.

2. Pastikan informasi yang benar
Sebelum mulai membahas tentang virus corona jenis baru ini, pastikan Anda memiliki amunisi informasi yang akurat dari sumber yang tepercaya. Misalnya dari lembaga kesehatan pemerintah, Badan Kesehatan Dunia (WHO) atau berita yang kredibel.

Yang Perlu Dilakukan orang Tua di Tengah Wabah CoronaInfografis wabah corona. (Foto: CNN Indonesia/Fajrian)

Hal tersebut penting karena anak-anak Anda kemungkinan bakal mengajukan pelbagai pertanyaan spontan. Semakin siap Anda maka semakin mudah pula Anda menjawab.

3. Katakan yang sebenarnya
Kondisi ini tentu saja bergantung usia anak Anda. Tetapi jika mereka sudah di usia sekolah, pastilah sudah mendengar tentang virus corona itu dari lingkungan sekolahnya. Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan anak-anak memperoleh informasi yang akurat. Jangan biarkan mereka terperangkap desas-desus atau disinformasi dari kawan sekelas.

Untuk memastikan ini, bisa dimulai dengan bertanya kepada anak Anda tentang apa saja yang sudah didengar di sekolah. Dan, perbaiki atau koreksi jika ada informasi yang menurut Anda keliru.


Selain memastikan akurasi, informasi juga perlu Anda sampaikan dengan sederhana dan jelas. Sesuaikan penjelasan detail dengan usia anak. Karena ini juga akan menentukan cara mereka memahami dan merespons kasus corona.

4. Pastikan anak-anak mengerti ini bukan soal ras
Beri penjelasan kepada anak Anda bahwa meskipun virus ini berasal dari China, tapi siapapun bisa terkena dan tertular. Karena ini berkaitan dengan kesehatan dan daya tahan tubuh. Maka, tekankan bahwa tak perlu memperlakukan orang tertentu secara berbeda.

Misalnya, jika ada teman berketurunan Tionghoa, beri pemahaman bahwa tetap boleh bermain dengan mereka dan pastikan anak Anda tak melakukan perundungan. Atau jika menemukan ada perundungan atau bullying maka beri tahu orang dewasa di sekitar mereka.


5. Tumbuhkan rasa nyaman dan tenang
Tugas Anda sebagai orang tua adalah merawat anak, karena itu pastikan mengurus mereka dengan sungguh-sungguh. Robin Gurwitch dari Duke University Medical Center mengatakan salah satu cara efektif menekan rasa takut anak adalah dengan menawarkan kepastian jaminan kesehatan. Jelaskan pada Anak bahwa Anda akan melakukan apapun untuk menjaga kesehatan keluarga.

6. Ingatkan soal pencegahan
Jangan ragu untuk menasihati anak atau berulang kali mengingatkan soal penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Contohnya, ingatkan anak untuk mencuci tangan dengan air bersih dan sabun antiseptik secara teratur. Beri tahu juga kepada mereka untuk tidak terlalu dekat dengan orang yang sedang sakit.

[Gambas:Video CNN]
(NMA/NMA)

Let's block ads! (Why?)



"tengah" - Google Berita
February 21, 2020 at 05:43AM
https://ift.tt/2V9rlnN

Yang Perlu Dilakukan orang Tua di Tengah Wabah Corona Gaya Hidup • 21 February 2020 05:43 - CNN Indonesia
"tengah" - Google Berita
https://ift.tt/2STVLJo
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Tornado Watch for parts of Middle Georgia - wgxa.tv

[unable to retrieve full-text content] Tornado Watch for parts of Middle Georgia    wgxa.tv "middle" - Google News December 30...

Postingan Populer