Rechercher dans ce blog

Wednesday, April 29, 2020

Lima Jurus Jokowi untuk UMKM dan si Miskin di Tengah Corona - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan lima skema untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah penyebaran virus corona. Skema itu khususnya untuk membantu permodalan UMKM agar tetap beroperasi.

Pertama, Jokowi memerintahkan jajarannya untuk memastikan bahwa pelaku UMKM yang masuk kategori rentan miskin dan miskin atau terdampak penyebaran virus corona harus menjadi bagian dari penerima bantuan sosial (bansos).

Bantuan yang dimaksud, antara lain paket sembako, bantuan langsung tunai (BLT), diskon tarif listrik, dan program keluarga harapan (PKH).


Kedua, pemerintah akan memberikan insentif perpajakan bagi pelaku UMKM yang omzetnya di bawah Rp4,8 miliar per tahun. Salah satu insentif yang diberikan adalah tarif pajak penghasilan (PPh) final. "Saya kira, di sini pemerintah telah menurunkan tarif PPh final untuk UMKM dari 0,5 persen menjadi 0 persen selama periode enam bulan dimulai dari April sampai September 2020," papar Jokowi dalam video conference, Rabu (29/4).

Ketiga, relaksasi dan restrukturisasi kredit bagi UMKM dengan berbagai skema. Misalnya, penundaan pembayaran angsuran dan subsidi bunga kepada penerima kredit usaha rakyat (KUR) dan pembiayaan ultra mikro (UMi).

"Saya juga minta agar program penundaan angsuran dan subsidi bunga diperluas untuk usaha mikro penerima bantuan usaha dari pemerintah daerah (pemda)," terang Jokowi.

Keempat, pemerintah akan memberikan pembiayaan modal kerja bagi 23 juta pelaku UMKM yang belum pernah mendapatkan akses ke lembaga keuangan, baik perusahaan pembiayaan dan perbankan.

Penyaluran pembiayaan akan dilakukan melalui KUR, UMi, dan program membina ekonomi keluarga sejahtera (Mekaar).

Kelima, Jokowi memerintahkan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk menjadi penyerap pertama bagi hasil produksi pelaku UMKM dari berbagai sektor.

Beberapa sektor yang dimaksud, antara lain pertanian, perikanan, kuliner, dan industri rumah tangga.

"Kementerian atau lembaga BUMN dan pemda harus menjadi penyangga dalam ekosistem UMKM terutama pada tahap awal pemulihan. Konsolidasi usaha ini penting sekali," pungkas Jokowi.

[Gambas:Video CNN]

(aud/bir)

Let's block ads! (Why?)



"tengah" - Google Berita
April 29, 2020 at 02:30PM
https://ift.tt/3bQos0o

Lima Jurus Jokowi untuk UMKM dan si Miskin di Tengah Corona - CNN Indonesia
"tengah" - Google Berita
https://ift.tt/2STVLJo
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Tornado Watch for parts of Middle Georgia - wgxa.tv

[unable to retrieve full-text content] Tornado Watch for parts of Middle Georgia    wgxa.tv "middle" - Google News December 30...

Postingan Populer