Rechercher dans ce blog

Sunday, March 29, 2020

Muncul Simulasi Tutup Akses DKI di Tengah Desakan Karantina Wilayah - detikNews

Jakarta -

Memutus rantai penyebaran virus corona terbaru menjadi prioritas utama pemerintah. Mulai dari imbauan untuk menjaga jarak fisik hingga berdiam diri di rumah terus digemakan tetapi kini muncul pula desakan untuk karantina wilayah.

DKI Jakarta serta wilayah-wilayah penyangga seperti Bekasi, Depok, serta Tangerang tak bisa dipungkiri menjadi area paling subur untuk angka kasus positif virus ini. Pilihan untuk menutup akses Ibu Kota menjadi salah satu yang dipertimbangkan mengingat saat ini orang-orang yang positif menderita Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 terus bertambah.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak memungkiri kemungkinan penerapan karantina wilayah itu. "Jadi itu termasuk yang sedang dibahas," kata Anies pada Sabtu, 28 Maret 2020.

Pembahasan mengenai karantina wilayah itu disebut Anies dilakukan bersama-sama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya. Anies mengaku berjanji mengumumkannya bilamana kelak keputusan telah diambil.

"Nanti kalau sudah final, akan kami umumkan," imbuh Anies.

Sebelum DKI Jakarta mulai menatap opsi karantina wilayah, sejumlah daerah sudah lebih dulu mendeklarasikan untuk 'mengunci' daerahnya dengan istilah 'lockdown'. Padahal dalam undang-undang tercantum opsi Karantina Wilayah yang bisa menjadi pertimbangan meski setidaknya saat ini pemerintah tengah menyusun Peraturan Pemerintah (PP) terkait hal itu.

Kembali lagi mengenai kondisi Ibu Kota. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, tidak mempermasalahkan langkah yang kelak diambil Anies sebagai gubernur karena memang kebijakan penanganan itu diserahkan ke pemerintah daerah tetapi dengan prasyarat tidak melenceng dari kebijakan pemerintah pusat serta sudah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona yang diketuai Kepala BNPB Doni Monardo.

"Iya kalau kemudian, ini kan seluruhnya kita serahkan ke Pemda, karena bagaimanapun juga tadi waktu rapat di BNPB Pak Doni bilang lagi bahwa ketua gugus tugas di provinsi ya gubernur, wakilnya Pangdam dan Kapolda. Makanya silakan ketua gugus tugas membuat strategi untuk daerahnya masing-masing. Tentunya atas dasar perhitungan yang mereka lakukan," ujar Yuri--panggilan karib Achmad Yurianto--saat dihubungi pada Sabtu (28/3) kemarin.

Keputusan untuk karantina wilayah di Jakarta belum diumumkan tetapi sudah ada tanda-tandanya. Ada apakah?

Let's block ads! (Why?)



"tengah" - Google Berita
March 30, 2020 at 07:11AM
https://ift.tt/2UpECYp

Muncul Simulasi Tutup Akses DKI di Tengah Desakan Karantina Wilayah - detikNews
"tengah" - Google Berita
https://ift.tt/2STVLJo
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Tornado Watch for parts of Middle Georgia - wgxa.tv

[unable to retrieve full-text content] Tornado Watch for parts of Middle Georgia    wgxa.tv "middle" - Google News December 30...

Postingan Populer