Rechercher dans ce blog

Sunday, March 29, 2020

Di Tengah wabah Corona, Dispangtan Purwakarta Optimis Pasokan Beras Surplus - ayopurwakarta.com

Petani di Desa Plered, Purwakarta saat memanen area sawah miliknya. (ayopurwakarta/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Di tengah wabah virus corona, Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta memastikan ketersediaan beras aman.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Agus Rachlan Suherlan mengatakan, dari luas baku lahan sawah sekitar 18.000 hektare setiap harinya ada tanam dan ada juga panen.

Terakumulasi sejak Januari sampai Maret 2020 luas panen padi terealisasi 7.317 hektare, sementara sisanya proses penanaman dan juga memasuki musim panen.

Sementara untuk April ditargetkan area persawahan bisa panen seluas 5.100 dan Juni 4.800 hektare. Dari dua bulan itu tercatat area persawahan yang akan panen sekitar 16.000 hektare.

"Kondisi itu menjadi salah satu faktor pendukung ketersediaan beras di Kabupaten Purwakarta stabil, meski di tengah bencana nasional wabah virus corona," ungkap dia, Senin (30/3/2020).

Setiap tahun luasan panen di Kabupaten Purwakarta tidak kurang dari  40.000 hektare. Dari luasan tersebut, menurut Agus dapat memenuhi kebutuhan konsumsi 945.654 jiwa penduduk setiap tahunnya.

"Biasanya surplus, tahun ini juga kami optimis capaian luasan panen padi sama, yaitu 40.000 hektare," kata Agus.

Selain itu, ia juga memanfaatkan lahan kering yang sangat potensial untuk pengembangan tanaman pangan lain, seperti jagung, kacang, umbi-umbian dan lainnya tersebar di 17 kecamatan.

"Seperti di Tegalwaru lahan kering seluas 129 hektare ditanami jagung, dikelola oleh lima kelompok tani," kata Agus.

Dari luasan 129 hektare rata-rata produktivitas  12.8 ton per hektare tongkol konversi pipilan kering 10.2 ton per hektare.

Let's block ads! (Why?)



"tengah" - Google Berita
March 30, 2020 at 10:31AM
https://ift.tt/39roHNI

Di Tengah wabah Corona, Dispangtan Purwakarta Optimis Pasokan Beras Surplus - ayopurwakarta.com
"tengah" - Google Berita
https://ift.tt/2STVLJo
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Tornado Watch for parts of Middle Georgia - wgxa.tv

[unable to retrieve full-text content] Tornado Watch for parts of Middle Georgia    wgxa.tv "middle" - Google News December 30...

Postingan Populer